Kesehatan Gigi dan Mulut Tak Terjaga, Organ Tubuh Lain Bisa Kena Dampaknya

Kesehatan Gigi dan Mulut Tak Terjaga, Organ Tubuh Lain Bisa Kena Dampaknya - ketika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga, masalah tidak hanya timbul di bagian gigi dan mulut saja, tapi bisa berdampak pada organ lain di dalam tubuh. Meskipun, pada dasarnya di dalam mulut ada kuman dan banyak gunanya kemudian bersifat apatogen (tidak merusak).

Namun, saat terjadi infeksi maka infeksi itu bisa menyebar ke organ tubuh lain, demikian diungkapkan dr Mangatas Manalu SpPD dari RS Mayapada Jakarta Selatan. Misalnya streptococcus viridans yang bisa menyebabkan endokarditis infektif atau peradangan lapisan dalam jantung dan dapat mengakibatkan kerusakan katup jantung bahkan gagal jantung.

"Jadi infeksi kuman itu terjadi lewat darah di mana ada luka pada gusi atau penipisan email gigi yang kemudian berakibat pada penipisan dentin, menembus pulpa, hingga pembuluh darah," kata dr Manalu dalam Media Briefing World Oral Health Day di Luna Negra, Plaza Bapindo, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

dr Manalu sendiri pernah menangani kasus tersebut dan setelah darah pasien diambil, dibiakkan, dan dikultur, diketahui ada kuman streptococcus viridans yang setelah dikonsultasikan ke dokter gigi disebutkan amat berhubungan dengan kondisi gigi dan mulut.

Infeksi bisa terjadi kalau jumlah kuman cukup banyak, migrasi mikroba dari organ satu ke organ lain. Misal biasanya di usus seperti E.coli bisa pindah ke mulut melalui makanan, bisa menginfeksi. Ada bagian yang lemah dan mengalami kerusakan struktur, karies, makan manis sampai berkurang dentinnya. Kemudian perubahan lingkungan di sekitar host. Pada gigi, kalau lingkungan berubah jadi asam maka akan memperburuk. Sisa makanan yang bergula jadi asam bisa sebabkan masalah gigi dan mulut. Belum lagi munculnya mikroba mutan yang salah satunya disebabkan penggunaan antibiotik sembarangan.

Streptocoocus viridans juga bisa menyebar ke otak melalui aliran darah hingga menyebabkan radang selaput otak.  Baru-baru ini, dr Manalu diberi tahu sejawatnya jika di wilayah Manado, infeksi mulut yang disebabkan streptococcus beta hemolyticus dapat pula bermanifestasi ke tenggorokan hingga menyebabkan arthritis, gangguan jantung, serta paru-paru.

"Menurut kepustakaan infeksi gigi yang dibiarkan lantas jadi infeksi berat bisa menyebabkan gangguan jantung, radang selaput otak, infeksi paru, infeksi saluran kemih, infeksi kandung empedu dan abses hati. Tapi yang saya tangani sendiri kasus gangguan jantung dan radang selaput otak," lanjut dr Manalu.

Prinsipnya, tambah dr Manalu, kuman bisa menjalar ke organ tubuh lain akibat struktur gusi dan mulut yang kurang baik, misalnya karies dan terjadi penipisan dentin hingga bisa tembus ke pembuluh darah, menjalar lewat satu geraham ke graham yang lain, dan masuk ke aliran darah melalui luka.

"Maka dari itu jangan anggap remeh infeksi gigi dan mulut. Kemudian, selalu jaga kebersihan gigi dan mulut serta jika ada masalah, obati ke orang yang berkompeten," kata dr Manalu memberi pesan.

Demikianlah postingan saya kali ini tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Tak Terjaga, Organ Tubuh Lain Bisa Kena Dampaknya dan Semoga bermanfaar
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
29 June 2017 at 22:56 ×

Numpang Promo ya Bos
Welcome
POKERVITA
Contact Us Person :
LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
BBM : D.8.E.B.7.E.6.B
Salam Sejahtera untuk kita semua ^^

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar